Sinar matahari, obat gratis hipertensi


sinar-matahari-sembuhkan-hipertensi
Kalau boleh mengejutkan mungkin begitulah adanya jika mendengar bahwa sinar matahari ternyata mampu membuat seseorang terbebas dari penyakit yang menyiksa yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi). Selama ini yang orang hanya tahu bahwa faktor resiko seseorang terkena hipertensi adalah malas bergerak, obesitas, kebanyakan makan garam dan lain sebagainya. Namun potensi sinar matahari terhadap pembuluh darah tidak pernah di perhitungkan orang.

Tidak heran memang, karena selama ini persepsi orang mengatakan bahwa sinar matahari hanya berguna untuk menghasilkan vitamin D alami di bawah kulit. Atau berguna bagi bayi yang lahir kuning. Selebihnya malah hanya efek buruk yang menyebar dimasyarakat seperti paparan sinar matahari yang berlebihan yang akan memicu terjadinya kangker kulit. 

Sebuah tim peneliti yang di komandani Martin Feelisch telah mampu memastikan bahwa terjadi reaksi yang baik terhadap beberapa partisipan penelitian setelah mereka berjemur di bawah sinar ultra violet selama 30 menit. Hasilnya pembuluh darah terlihat melebar sehingga aliran darah menjadi lancar dan menurunnya tekanan darah. Hasil penelitian ini telah dilansir sebuah laman bernama Huffington post.

Bagaimana proses penurunan tekanan darah?

Para peneliti menduga bahwa penurunan tekanan darah itu ada kaitannya dengan peran zat nitrit oksida dan zat turunannnya  seperti nitrite dan nitrat. Mungkin anda harus tahu bahwa nitrit oksida ini perannya sangat vital dalam mengatur tinggi rendahnya tekanan darah seseorang. Mekanisme bisa di jelaskan seperti ini, nintrit oksida di produksi pada sel-sel pembuluh darah untuk merilekskan pembuluh darah sehingga menambah daya elastisitas pembuluh darah. Efek inilah yang membuat kerja jantung menjadi ringan.

Zat yang baik bernama nitrit oksida ini ternyata tidak hanya diproduksi di dalam sel pembuluh darah. Kulit ternyata juga menjadi bagian yang memproduksi dan menyimpan nitrit oksida dalam jumlah yang besar. Nitrit-nitrit yang ada di kulit ini butuh sinar matahari untuk memobilisasi molekul-molekul nitrit dari kulit menuju pembuluh darah. Dengan keberadaan nitrit dalam pembuluh darah otomatis kemudian akan bisa melebarkan pembuluh darah. Dan anda tahu bukan bagaimana efeknya jika pembuluh darah melebar? Peredaran darah akan lancar dan tekanannya akn berkurang.

Jadi jangan hanya sibuk melindungi kulit anda dari sinar matahari agar tidak berwarna gelap, atau terhidar dari kangker. Sekali-kali berjemur bolehlah.... 

Apalagi kalau itu untuk kesehatan anda sendiri.

Selamat sehat....!

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger