Mari mengenal glikogen. Cadangan energi yang vital bagi tubuh

mengenal-cadangan-energi-glikogen
Setelah anda menyimak artikel yang sangat berkaitan dengan glikogen yaitu “ apa itu kalori “ ada baiknya anda mengetahui teman dekat dari cadangan energi lain selain lemak yaitu glikogen. Jika kelebihan kalori dalam bentuk lemak disimpan dibawah kulit. Maka kelebihan kalori dari makanan berupa karbohidrat disimpan tubuh di dalam hati, itulah glikogen.

Jadi glikogen adalah salah satu bentuk penyimpanan dari kalori berlebih yang ada di dalam tubuh, sebagai cadangan energi yang digunakan tubuh saat tubuh kekurangan energi.

Glikogen akan disimpan didua tempat yan berbeda oleh tubuh. Dua tempat itu adalah :


Glikogen yang tersimpan dalam otot


Sebanyak dua pertiga dari semua cadangan glikogen tubuh akan disimpan dalam otot. Glikogen yang tersimpan dalam otot ini hanya untuk kebutuhan otot saja, karena itu jika tubuh memerlukan energi karena kekurangan kalori maka glikogen ini tidak akan bisa memenuhinya, mengingat sifatnya yang tidak bisa kembali lagi ke dalam aliran darah manusia.

Glikogen yang tersimpan dalam hati

Berbeda dengan glikogen ang tersimpan dalam otot, jenis glikogen ini bisa kembali lagi ke aliran darah seseorang sehingga jika seseorang mengalami kurang kalori, glikogen inilah yang memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk kebutuhan otak, jantung dan paru-paru.  Karena fungsi vital itu jugalah yang mungkin membuat persedian glikogen dalam hati lebih banyak. Hati bisa menampung glikogen sebanyak sepertiga dari banyak glikogen yang di hasilkan karena kelebihan kalori.

Namun seperti halnya lemak. Keberadaan glikogen dalam jumlah yang berlebih dalam tubuh juga rentan memicu gangguan kesehatan, utamanya yang berhubungan dengan hati. Seperti kelebihan kolesterol dan fatty liver. Setali tiga uang, keberadaan glikogen dalam otot yang berlebih juga akan membuat masalah pada otot dan tungkai, otot dan tungkai akan mengalami kelelahan berlebih juga rasa nyeri. Hal ini disebabkan otot tidak bisa mengolah glikogen yang ada secara normal untuk aktifitas sehari-hari.

Itulah pengertian glikogen yang perlu anda fahami. Walau perannya hanya sebagai cadangan energi, jangan pernah meremehkan keberadaan glikogen. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya sebuah tim bola tanpa ada pemain cadangan, bukan?

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger