Cara Memerangi Stres atau Depresi Secara Alami


cara-mengobati-stres-depresiPenyakit hati semacam stress berlebih atau depresi ternyata bisa anda singkirkan secara alami. Anda tidak harus minum obat penenang atau obat tidur untuk melepaskan diri anda dari belenggu depresi.

Pengobatan depresi dengan antidepresan atau obat anti stress selama ini masih menjadi perdebatan sengit, antar manfaat dan efek yang timbul setelah meminumnya. Untuk mencari aman lebih baik anda menggunakan cara yang lebih alami untuk mengendalikan perasaan tertekan yang sedang anda alami. Berikut macam-macam cara yang bisa anda terapkan di rumah untuk mengurangi depresi, beberapa diantaranya adalah:


Makan makanan sehat


Makanan bisa menjadi sumber penyakit jika anda makan berlebihan sekaligus akan menjadi obat jika dikonsumsi secara tepat. Apalagi jika makanan sehat saja lah yang anda makan. Memilih makanan yang mengandung omega-3 adalah langkah tepat untuk memamanage perasaan anda.. Makanan laut seperti salmon, sardines dan caviar dan lain-lain sangat bagus untuk mengatur mood karena makanan ini juga mengandung DHA dan EPA baik bagi otak Anda.

Istirahat atau tidur


Tidur adalah terapi yang tepat untuk meregangkan syaraf anda yang kontraksi saat anda di landa depresi. Karena itu obat depressan selalu mengandung bahan yaang membuat anda ingin tidur. Ciptakan suasana tenang dikamar tidur anda. Nyalakan music player lagu-lagu kesukaan anda dan mulailah tertidur.


Berjemur di bawah sinar matahari pagi


Keluar di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari ternyata mampu mengantarkan anda pada pintu kebahagiaan. Mengenyahkan masalah dan menghempaskan stres maupun depresi yang sedang anda alami. Anda cukup menghabbiskan waktu sekitar 15 sampai 30 menit di bawah hangat matahari pagi, niscaya perasaan tertekan yang sedang anda alami akan berangsur menghilang.


Menyalurkan hobi


Stress berasal dari hati, maka menyalurkan tenaga dan fikiran untuk suatu hal yang berhubungan dengan hobi anda adalah sestu langkah yang tepat untuk mengusir stress datang. Mengerjakan sutatu hobi yang menyenang kan seperti memebuat kerajinan tangan, berkebun, menulis dan lain sebagainya akan membantu anda mendapatkan perasaan hati yang nyaman. Lambat laun anda pasti akan melupakan masalah yang sedang anda alami. Cobalah!


Olahraga


Anda pernah mengalami stress dan tiba-tiba hilang setelah anda berolahraga? Itulah saktinya aktifitas tubuh bernama olahraga. Olahraga mampu memacu serotonin dalam tubuh dan mengeluarkan hormon bahagia bernama dopamin yang bertanggung jawab mengatur rasa senang dalam hati anda. Pilihlan olahraga yang membuat anda senang, jangan memaksakan diri melakukan olahraga yang berat lagi berlebih, itu justru akan buruk bagi anda.


Berdzikir, berdoa dan yoga


Yoga terbukti dapat mengurangi risiko yang dapat menyebabkan depresi. Suasanan hati dan fikiran yang tenang adalah kuncinya. Dalam yoga anda bisa berkontemplasi dengan diri anda tenatang maslah yang mungkin sedang membuat anda stres. Selain yoga anda bisa mendapatkan ketenangna diri lewat hakikat berdoa. Dekatkan diri anda dengan yang maha kuasa. Perasaan terlindungi dan anda temapt untuk bersandar tentu membuat beban anda menjadi berkurang.

Depresi berhubungan dengan perubahan di jumlah serotinin dan penghubung saraf lainnya. Mereka bertanggungjawab mengatur perasaan tenang. Turunnya tingkat serotinin mengakibatkan anda terus terusan di landa kecemasan. Beberapa cara di atas bisa menjadi rujukan untuk meningkatkan serotonin ke dalam otak anda. Sehingga perasaan bahagia akan anda dapatkan.


Selamat sehat....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger