5 Makanan yang harus dijauhi sehabis olahraga

pantangan-makanan-setelah-olahragaSaya termasuk percaya dengan pernyataan Deddy Corbusser, sang pemegang lisensi Obsessif Corbusser Diet  (OCD) yang mengatakan bahwa tubuh kita itu dibentuk 70% oleh makanan dan 30 % di tempat kebugaran. Jadi jika anda mati-matian olahraga dengan intensitas yang mengagumkan lagi teratur maka olah raga anda akan percuma saja jika dalam waktu yang bersamaan anda juga menggilai junk food, minuman karbonasi dan kue-kue kaya kalori.

Akuilah bahwa makanan sangat berperan penting dalam keberhasilan anda berolahraga dalam usaha mendapatkan kesehatan yang prima dan penampilan badan yang aduhai.  Karena itu anda mestinya memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi setelah berolahraga. 

Ada lima makanan yang sebaiknya anda hindari setelah anda berolahraga  :

Snack rasa garam

ketika tubuh berkeringat, Anda kehilangan banyak nutrisi berupa beberapa mineral, ion dan juga air. Hal ini membuat anda terangsang untuk mengganti segera nutrisi yang hilang itu. Namun jika anda memilih makanan atau snack yang berasa asin, pilihan anda salah, karena kebanyakan snack seperti itu tanpa nutrisi yang memadahi. Sebaiknya anda menggantinya dengan yang lebih baik dengan mengonsumsi pisang atau irisan buah-buahan manis.

Minuman bersoda

Memang sangat nikmat menyeruput minuman yang mengandung gula lagi berbuih setelah kita melakukan aktifitas olahraga. Segala dahaga akibat banyak kehilangan cairan dan tenaga terasa lenyap seketika. Namun kebiasaan seperti ini sebenarnya kebiasaan yang tidaklah elok untuk diteruskan. Karena kebanyakan minuman ringan dan bersoda memang menawarkan kesegaran namuan sebenarnya juga membuat metaboisme tubuh melambat. Padahal  

semakin cepat metabolisme Anda, semakin cepat pula anda akan membakar lemak yang ada dalam tubuh anda. Efeknya anda akan lebih sehat dan lebih langsing. Sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman semacam itu. Toh, anda masih punya air putih, yang lebih murah dan menyehatkan.

Makanan berlemak

Jargon paling nyentil di TV yang berbunyi “ Habis bakar kalori, masak numpuk kalori lagi?” adalah jargon yang tepat untuk menggambarkan situasi kita yang suka makan-makanan kaya kalori setelah berolahraga. Ini tentu sangat didukung oleh kenyataan bahwa saat kita ingin mengurangi berat badan, kita juga harus mengurangi makanan-makanan yang bisa membuat Berat badan naik seperti halnya makanan-makanan berlemak. 

Sayuran mentah

Jika buah-buahan yang manis disarankan untuk dikonsumsis setelah berolahraga.Ternyata tidak demikian halnya dengan sayuran. Sayuran ternyata tidak cukup memberikan nutrisi untuk badan anda yang kehilangan banyak nutrisi setelah susah payah berolah raga. Jadi tidak ada cerita seperti popeye sang pelaut yang segera menjadi gagah perkasa setelah memakan sekaleng penuh sayuran bernama bayam.

Energy bars

Energy bars atau kue khusus  untuk orang-orang yang suka melakukan latihan beban. Namun anda harus ingat bahwa energy bar sebaiknya dimakan sebelum latihan bukan setelah latihan. Jika jenis makanan ini diberikan sebelum latihan, maka gula yang ada dalam energy bar akan terbakar saat latihan. Beda halnya jika makanan ini dikonsumsis setelah latihan. Kalori yang di makan justru akan  memperlambat metabolisme tubuh dan merangsang produksi lemak. Kalau sudah begitu gendut adalah efeksamping yang mungkin anda rasakan.


Itulah lima besar makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi setelah latihan atau berolahraga. Semua informasi di atas diutarakan agar mulai sekarang anda berhati-hati atau tidak sembarangan lagi dalam menentukan jenis makanan apa saja yang mendukung latihan dan jenis makanan apa saja yang justru menjerumuskan anda dalam ketidak sehatan.
Selamat sehat!
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger