9 Cara Unik Melampiaskan Amarah


cara-unik-melampiaskan-marah
Tahukah anda? Bahwa sebagian besar penyakit fisik itu bermula dari gangguan mental. Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa saat kita mengalami stres bahkan depresi, daya tahan tubuh yang kita punyai akan drop sampai beberapa persen banyaknya. Karena drop, virus, bakteri atau maklhuk renik lainnya sebagai cikal bakal timbulnya penyakit akan gampang memasuki tubuh kita.

Stres, depresi, perasaan tertekan sering kali membuat kita sering lepas kendali. Kita mudah tersulut dengan keadaan yang menurut kita kurang baik. Akibatnya kita sering marah-marah, ngomel, gondok dan lain sebagainya. Rangkaian keadaan seperti itu bisa-bisa malah membuat fisik kita menjadi makin drop dan kemungkinan terserang penyakit di badan menjadi lebih besar.

Karena itu penting kiranya anda yang memang gampang tersulut emosinya untuk mengendalikan amarah. Atau memang kalau tidak bisa, kita bisa  melepaskan amarah tersebut,  namun dengan cara-cara yang positif sehingga tidak menimbukan kerugian bagi orang lain. Inilah dia cara-cara asik yang mampu membuat kita melepaskan amarah ke hal yang positif :

1. Menulis Buku Harian

Jadul sekali memang, namun cara ini masih sangat manjur di gunakan. Apalagi jaman sekarang anda tidak usah susah-susah mencari buku atau pena buat mencorat coret. Jika anda sewaktu-waktu mau, anda bisa menuliskan perasaan marah, gundah, sedih, cemas khawatir dan lain-lain di gadget yang sekarang kayaknya sudah rata-rata orang punya, baik itu dalam bentuk smart phone, tablet, hp dan lain-lain. 

2. Melukis atau Menggambar

Kadang kecenderungan orang lebih beda dengan kecenderungan orang lain. Saat orang lain cenderung melampiaskan dengan tulisan, sebagian lain mengungkapkan perasaannya dalam karya lukisan atau gambar. Kegiatan melukis dan menggambar akan banyak melibatkan emosi. Kegiatan semacam ini sekaligus untuk terapi perasaan yang meledak-ledak menjadi lebih lembut karena dalam meracik warna dan bentuk dibutuhkan kelembutan hati.

3. Bernyanyi bebas

Pernah merasakan perasaan lega atau plong saat anda menyanyi? Itulah efek samping dari kegiatan menyanyi. Mau secempreng apapun suara anda, saat anda di gelayuti amarah, Menyanyilah. Daripada menghabbiskan energi untuk marah-marah. Lebih baik gunakan suara anda untuk menyanyi. Syukur-syukur kalau yang mendengar merasa terhibur dengan nyanyian anda

4. Berlari-lari kecil

Bukan berarti berlari dari kenyataan. Tapi cara ini efektif untuk meredam amarah dengan cara instat. Dengan melakukan jogging beberapa putaran dalam komplek perumahan anda pasti langsung bisa merendahkan amarah yang sedang berkecamuk. Kegiatan ini akan lumayan menguras energi. Jadi sudah tidak ada lagi energi untuk kegiatan lain tak terkecuali untuk marah-marah.

5. Menangis

Ini sering dilakukan oleh para wanita. Namun laki-laki juga boleh melakukannya lo….sudalah tidak apa-apa di bilang cengeng. Yang penting amarah dalam hati anda bisa cair bersamaan dengan titik air mata yang keluar. Setelah menangis, anda akan merasakan hati anda plong bukan kepalang. Seakan-akan kesedihan dan amarah sudah tergerus habis oleh air mata.

6. Berkebun

Sampah-sampah hati termasuk perasaan amarah dan tertekan, bisa anda hapus dengan melihat hal-hal indah yang melintas di mata. Itulah mengapa ada istilah cuci mata. Mungkin kegiatan tersebut lebih pantas dinamai dengan cuci hati ya.... Kalau anda kebetulan sedang terbelit amarah. Tinggalkan sejenak hal yang membuat amarah anda terpancing. Ambil sekop, penggali tanah, gunting taman, topi dan sarung tangan. Mulailah bertanam atau menyiangi tanaman di kebun belakang rumah. Setelah selesai nikmatilah hasil kerja anda dengan cara melihatnya. Lalu lihatlah apa yang terjadi!

7. Mendekor ulang perabotan

Perasaan amarah, sumpek dan stres biasanya akan semakin kronis jika lingkungan sekitar anda ikut memperburuk mood anda. Mendekor ulang perabot yang ada di rumah anda mungkin akan juga bisa mendekor ulang perasaan anda. Ajaklah keluarga dekat anda mendekornya. Sambil bercanda dan mengeluarkan keringat, anda pasti akan bisa mengenyahkan amarah itu di hati anda dengan segera.

8. Memasak

Seperti halnya menangis, memasak mungkin adalah hal yang sangat dekat dengan para gadis. Jika anda kebetulan seorang perempuan, memasak mungkin akan menjadi solusi untuk mengenyahkan segala amarah yang terpendam dalam dada. Bagaimana jika anda seorang laki-laki? Memasak saja, Tidak ada yang melarang anda memasak walau anda laki-laki. Apapun gender nya, bayangkan bahwa yang sedang anda masak adalah masalah yang sedang menggelayuti anda.

9. Tidur

Ini adalah jurus terakhir dan saya kira paling efektif untuk menghilangkan segala amarah. Bahkan perasaan stres depresi bisa saja akan tereduksi secara signifikan. Biarkan tidur menge-set ulang perasaan anda. Me-refressh otak anda sehingga fikiran dan hati anda akan kembali bening. Syukur-syukur dengan tidur, anda justru lupa dengan masalah anda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melepaskan perasaan marah anda. Saya ingatkan jangan melepaskan masalah ke hal negatif ya… seperti memecahkan piring, berteriak-teriak di kerumunan orang atau bahkan makan sekenyang-kenyangnya. Bisa-bisa anda malah jadi obesitas karenanya. Yang terpenting, kita masih punya Tuhan lo….Dia tahu sekali kalau kita sedang galau. Adukan amarah anda ke Dia. Saya yakin Dia selalu punya solusi buat keruwetan hidup kita. Amin.

Selamat sehat….


Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger