6 Gejala kangker ini sering diabaikan orang

early-cancer-signs
Mengidap kangker adalah salah satu hal yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Namun justru perasaan itulah yang malah kadang membuat kita tidak waspada. Padahal mungkin anda sedang mengalami rasa nyeri lama pada salah satu anggota tubuh anda yang tidak bisa di jelaskan penyebabnya. Karena tak terbayangkanlah itulah yang membuat anda mengira nyeri itu adalah nyeri yang biasa. Padahal boleh jadi itu adalah gejala awal  kangker

Kanker merupakan penyakit yang sangat menyeramkan. Bahkan mendengar namanya saja bisa membuat kita ngeri. Penyebabnya mungkin karena daya bunuhnya sangat kuat. Namun gejala-gejala kangker ini wajar saja diremehkan oleh banyak orang termasuk  kita. Karena terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu ada di stadium lanjut dan selnya sudah luas menyebar ke anggota tubuh lain. Tentu ini akan menambah sulit penanganan dan usaha kesembuahan pada si pasien.

Untungnya, banyak yang sadar akan pentingnya deteksi dini kangker ini. Menurut sebuah studi  Kangker di Inggris menunjukkan bahwa paling tidak ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal terjadinya kangker ditubuh, inilah tanda-tandanya :

1. Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan

Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun jika nyeri yang di alami berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Jangan-jangan nyeri ini bukan nyeri biasa. Jangan-jangan nyeri yang dialami karena adanya sel keganasan yang mulai tumbuh. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali sembuhnya, padahal tekanan darah anda normal, dan semua kondisi tubuh lainnya normal. Coba lakukan pemeriksaan CT scan kepala untuk segera mengetahui apakah kita terkena kangker otak. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kanker paru-paru. Demikian juga Nyeri lama pada perut, bisa jadi itu  merupakan tanda dari kanker cerviks.

2. Benjolan yang aneh

Kangjer payudara merupakan salah satu kangker yang memberitahu penderitanya lewat benjolan aneh pada payudaranya. Mungkin awalnya tidak terasa sakit dan teraba. Namun dengan deteksi khusus benjolan itu akan terus teraba. Kadang-kadang disertai nyeri. Demikian juga jika anda menemui benjolan di bagian tubuh anda yang lain. Ini bisa jadi merupakan salah satu pertanda terjadinya tumor maupun kangker. Diperlukan pemeriksaan yang mendetail untuk menentukan benjolan itu normal atau tidak.

3. Perubahan sifat Tahi Lalat

Perubahan sifat tahi lalat yang misalnya menjadi kemerahan, tumbuhnya bulu pada daerah tahi lalat ataupun tiba-tiba tahi lalat menjadi gatal ataupun nyeri, mungkin ini merupakan tanda-tandaperubahan sifat  yang harus diwaspadai. Perubahan tahi lalat ini disebabkan oleh perubahan sifat sel tahi lalat dari jinak menjadi ganas. Anda harus segera konsultasi dengan dokter ahli kulit untuk membicarakan ini. Sekadar memastikan apakah kondisi tahi lalat yang seperti itu termasuk normal-nnormal saja atau justru adalah gejala awal kangker?

4. Batuk yang lama dan suara serak

Batuk adalah keadaan yang biasa, semua orang dapat mengalaminya. Penyakit virus paru, infeksi di paru, danlain-lain, bahkan menghirup asap rokok saja bisa bikin orang batuk. Namun anda harus mulai waspada jika batuk yang anda alami lama sembuh walau sudah minum obat.  Apalagi batuk yang anda alami disertai dengan keluarnya darah harus diwaspadai. Ditambah anda mungkin adalah  perokok, Kewaspadaan harus berlipat-lipat tebalnya.Keadaan ini mungkin mirip dengan penyakit TBC, namun anda harus memastikannya melalui pemeriksaan laboraturium maupun sinar X karena Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru.

5. Penurunan Berat Badan yang Tidak Normal

Anda tiba-tiba banyak kehilangan berat badan padahal anda tidak sedang berdiet, berhati-hatilah, karena tanda itu bisa saja merupakan gejala kangker. Kangker merupakan parasit yang mendompleng hidup di sel tubuh normal. Mereka perlu makan dan seperti tumbuhan inang, semua sari makan yang seharusnya untuk sel normal, di ambil alih oleh sel kangker. Karena itulah tubuh penderita kangker stadium awal mungkin akan mengalami penurunan berat badan yang hebat. Karena nutrisi yang seharusnya untuk sel normal diambil oleh sel kangker untuk berkembang biak di dalam tubuh.

6. Pendarahan Abnormal

Pendarahan bulanan yang terjadi pada setiap wanita merupakan perdarahan yang normal. Namun Pendarahan vagina yang abnormal diluar siklus haid, bisa jadi adalah tanda awal dari kanker serviks ( ingin tahu lebih dalam tentang jenis kangker ini? Silahkan dipelajari di “berkenalan dengan kangker leher rahim/ serviks” ). Pendarahan hidung yang sering dan lama bisa jadi menjadi tanda terjadinya keganasan pada hidung maupun nasofaring. Sedangkan pendarahan di anus bisa menjadi tanda awal dari kanker usus. Setiap pendarahan yang  tidak bisa dijelaskan dan tidak bisa di atasi oleh obat biasa dari dokter harus anda waspadai sebagai tanda awal terjadinya kangker.

Gejala penyakit adalah kumpulan tanda-tanda yang mungkin samar dan tersembunyi. Ini semua tergantung kepada kepedulian anda mengamati tanda-tanda tersebut dan usaha untuk mengetahuinya. Kesadaran anda terhadap gejala-gejala awal ini akan sangat berpengaruh terhadap tindakan yang dilakukan oleh dokter bila itu benar merupakan kumpulan tanda terjadinya kangker.

Mari sama-sama waspada terhadap tanda-tanda ini.

Selamat sehat....





Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger